Sabtu, 05 Februari 2011

ANTEANA JARINGAN DAN PENGERTIANNYA

  • omni directional

    ntena Omnidirectional terkadang disebut sebagai antena nondirectional, antena omnidirectional adalah sebuah perangkat penerima yang mampu mengirim dan menerima sinyal dari segala arah. Antena jenis ini dapat digunakan untuk menerima sinyal siaran televisi atau siaran audio dari stasiun radio, atau memungkinkan perangkat robot untuk dioperasikan dengan menggunakan microwave atau teknologi wireless. Handphone atau layanan telepon selular, serta koneksi internet nirkabel, menggunakan antena omnidirectional sebagai bagian dari proses broadcasting sinyal stabil ke perangkat tersebut.

Dalam desain, antena omnidirectional tersusun sebagai perangkat pengirim dan penerima eksternal atau internal. Desain internal untuk antena omnidirectional biasanya sangat sederhana, dan mungkin menggunakan desain sederhana yang tidak berbeda dengan sebuah antena dipole. Meskipun kelihatan rumit, antena jenis ini sangat kuat, dan mampu menangkap sinyal stabil untuk jarak jauh. Peralatan surveillance yang digunakan oleh aparat penegak hukum menggunakan antena jenis ini dalam peralatan surveilans genggam, sehingga praktis untuk melakukan koordinasi antar aparat. Ponsel dan perangkat wireless kecil juga memiliki perangkat antena internal yang memungkinkan untuk menangkap sinyal yang dipancarkan oleh sebuah gateway atau berbagai jenis perangkat pengiriman lain.

Antena omnidirectional eksternal sering juga digunakan untuk mengontrol perangkat elektronik, seperti mesin robot dalam pabrik. Antena ini akan ditanamkan ke dalam robot, sehingga memungkinkan perangkat untuk dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan sinyal broadcast pada frekuensi tertentu. Berkat sifat antena, baik perangkat maupun stasiun kontrol tidak harus stasioner agar sinyal tetap kuat dan stabil. Hal ini akan memudahkan perangkat untuk dapat bergerak dengan mudah dengan tetap berada di bawah kendali operator remote, tanpa kesulitan.

Dengan semua contoh antena Omnidirectional, pola sinyal sering digambarkan sebagai berbentuk donat. Begitulah sistem antena yang digunakan untuk mengirim sinyal maupun yang dirancang untuk menerima sinyal. Banyak juga yang dirancang dengan berbagai spesifikasi yang berbeda. Misalnya, antena yang menangkap sinyal siaran televisi HDTV atau sinyal wifi dapat dikonfigurasi untuk mengunci ke sinyal yang disiarkan dari berbagai titik di sekitar wilayah tersebut. Sebaliknya, antena yang digunakan untuk militer atau pengawasan penegakan hukum dapat menerima sinyal dari wilayah geografis yang lebih besar.

  • Antena Grid


Antena ini merupakan salah satu antena wifi yang populer. Sudut pola pancaran antena ini lebih fokus pada titik tertentu sesuai pemasangannya.

  • Antena Parabolik


– Dipakai untuk jarak menengah atau jarak jauh
– Gain-nya bisa antara 18 sampai 28 dBi
Pola radiasi dari antena Parabolik
Kelebihan antenna parabola

  • Dapat digunakan untuk menerima 3 satellite sekaligus tanpa harus menggerakkan antenna.
  • Dapat menampilkan gambar dari semua TV dari satelit yang ditangkap dalam sekejap.
  • Kondisi permanent sehingga tidak gampang goyah terhadap posisi.
  • Signal quality dapat maksimum

Kekurangan antenna parabola

  • Tidak dapat digunakan menangkap satelit lebih dari 5
  • Membutuhkan lebih banyak LNBF Channel yang diterima lebih sedikit

• . Antena Sectoral
Antena Sectoral hampir mirip dengan antena omnidirectional. Yang juga digunakan untuk Access Point to serve a Point-to-Multi-Point (P2MP) links. Beberapa antenna sectoral dibuat tegak lurus , dan ada juga yang horizontal.
Antena sectoral mempunyai gain jauh lebih tinggi dibanding omnidirectional antena di sekitar 10-19 dBi. Yang bekerja pada jarak atau area 6-8 km. Sudut pancaran antenna ini adalah 45-180 derajat dan tingkat ketinggian pemasangannya harus diperhatikan agar tidak terdapat kerugian dalam penangkapan sinyal.
Pola pancaran yang horisontal kebanyakan memancar ke arah mana antenna ini di arahkan sesuai dengan jangkauan dari derajat pancarannya, sedangkan pada bagian belakang antenna tidak memiliki sinyal pancaran.
Antenna sectoral ini jika di pasang lebih tinggi akan menguntungkan penerimaan yang baik pada suatu sector atau wilayah pancaran yang telah di tentukan.
Pola radiasi dari antena Sektoral

Antenna Yagi terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Driven adalah titik catu dari kabel antenna, biasanya panjang fisik driven adalah setengah panjang gelombang dari frekuensi radio yang dipancarkan atau diterima.

  • Reflektor adalah bagian belakang antenna yang berfungsi sebagai pemantul sinyal,dengan panjang fisik lebih panjang daripada driven.

  • Director adalah bagian pengarah antena, ukurannya sedikit lebih pendek daripada driven. Penambahan batang director akan menambah gain antena, namun akan membuat pola pengarahan antena menjadi lebih sempit.

    • Antena Helix

    Antena helix merupakan antenna yang mempunyai bentuk tiga dimensi. Bentuk dari antena helix menyerupai per atau pegas dengan diameter lilitan serta jarak antar lilitan berukuran teretentu. Antenna Helix mempunyai bentuk geometri 3 dimensi

    • Antenna Collinear adalah merupakan rangkaian antenna dipole yang dirangkaian menjadi satu kesatuan system antenna. Penyusunan antenna dipole ini dalam suatu rangkaian akan membangkitkan penguatan GAIN, artinya semakin banyak rangkaiannya maka semakin besar gain yang dihasilkan.

    • Antena Vertical Collinear adalah antena yang memancarkan daya ke segala arah, dan bentuk pola radiasinya digambarkan seperti bentuk donat (doughnut) dengan pusat berimpit. Antena ini ada dalam kenyataan, dan dalam pengukuran sering digunakan sebagai pembanding terhadap antena yang lebih kompleks.

    • Antena Mikrostrip merupakan divais dengan Q (quality factor) yang tinggi, kadang-kadang mencapai 100 untuk elemen yang lebih tipis. Namun, elemen dengan Q tinggi mempunyai bandwidth dan efisiensi yang kecil. Satu solusinya dapat dengan meningkatkan ketebalan substrat, tapi terdapat batasan-batasan dimana penambahan bagian dari total daya yang diberikan sumber menjadi gelombang permukaan

      • antena wajan bolik

      • Wajan Bolic yang di ciptakan oleh Gunadi atau sering dikenal sebagai pak Gun ini, telah popular di kalangan masyarakat, dimana cara pemasangan wajan bolic ini mirip dengan antenna tv yang dipasang di luar / antenna Out Door. Fungsi dari Wajan Bolic ini sendiri berfungsi untuk memperpanjang penangkapan sinyal pada wireless, dimana kita sendiri membutuhkan area hotspot yang tersedia, serta user dan password yang diberikan oleh sang admin untuk mendapatkan akses internet.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar