Sabtu, 12 Februari 2011

GAMBAR PERANGKAT WIFI BESERTA PENGERTIANNYA


  • Perangkat Wi-Fi

Seperti halnya pemasangan jaringan kabel biasa, Wi-Fi juga memiliki perangkat khusus. Terdapat berbagai macam kategori perangkat seperti Access Point ataupun Router. Tiap perangkat mobile juga memiliki card Wi-Fi atau adapter yang berbeda sesuai kebutuhannya. Berikut perangkat Wi-Fi yang biasa digunakan :

  1. Access Point
    Merupakan pusat dari client atau node yang terhubung ke jaringan dengan menggunakan gelombang radio atau wireles. Untuk memiliki jaringan Wi-Fi, terlebih dahulu harus terpasang Access Point sebagai pusat akses jaringan tersebut.

  2. Ada juga sebuah perangkat Access Point yang sudah termasuk ethernet hub di dalamnya, sehingga kita hanya membutuhkan 1 perangkat tersebut untuk menghubungkan koneksi internet ke beberapa client lain secara wireless.
    Perangkat ini disebut Wireless Access Point Router.

  3. Wireless Adapter untuk Desktop bisa menggunakan beberapa perangkat. Perangkat ini yang digunakan untuk 'berkomunikasi' secara wireless, dengan Access Point.
    - Wi-fi PCI Adapter
    Dipasangkan pada Slot PCI pada motherboard, di dalam CPU. Perangkat ini adalah wi-fi internal adapter.

  4. Wi-fi USB Adapter
    Merupakan External Adapter yang dihubungkan langsung melalui port USB.

Router adalah sebuah device yang berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari sebuah network ke network yang lainnya (baik LAN ke LAN atau LAN ke WAN) sehingga host-host yang ada pada sebuah network bisa berkomunikasi dengan host-host yang ada pada network yang lain.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Analogi Router dan Switch

Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.

Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, atau untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda (seperti halnya router wireless yang pada umumnya selain ia dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP), atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.

Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Router-router jenis tersebut umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.


6.

Bridge adalah bekarja pada data link layer pada OSI. bridge adal alat yang digunakan pada suatu jaringan yang berfungsi untuk memisahkan sebuah jaringan yang luas menjadi segment yang lebih kecil.

7.

PCMCIA dan ISA Card
Jika kita sudah memiliki wi-fi PCMCIA dan tidak ingin membeli perangkat baru untuk Wi-Fi, dapat menggunakan ISA / PCI PCMCIA Converter.


8. REPEATER

Repeater adalah perangkat elektronik yang menerima sinyal dan mengirim ulang itu pada tingkat yang lebih tinggi dan / atau kekuatan yang lebih tinggi, atau ke sisi lain dari suatu halangan, sehingga sinyal bisa menutupi jarak yang lebih jauh.

Untuk menginstall jaringan MAN yang letaknya berjauhan, anda memerlukan alat yang bernama repeater. Fungsi repeater adalah untuk memperkuat sinyal yang berasal dari jaringan LAN pada gedung A dan jaringan LAN pada gedung B.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar